Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

February 8, 2019

Buku Petunjuk Panduan Kerja Kepala Sekolah

Seiring dengan kemajuan zaman dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), maka ruang lingkup tersebut tak lepas dari 8 standar yang meiiputi: 1) isi, 2) proses, 3) kompetensi lulusan, 4) pendidik dan tenaga kependidikan, 5) sarana dan prasarana, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, dan 8) penilaian. Standar-standar tersebut merupakan acuan dan kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Untuk mewujudkan standar-standar tersebut tak lepas dari peran dan tugas Kepala Sekolah dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan di lingkup satuan pendidikan. 

Dalam proses pemenuhan standar tersebut diperlukan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan kegiatan operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu.

Pentingnya peran dan tugas kepala sekolah tak lepas dari standar kompetensi yang dimiliki, seiring dengan kemajuan zaman yang semakin komplek di lapangan, sehingga kepala sekolah mampu dan dapat berperan aktif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Tugas Kepala Sekolah ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan kompetensi yang dimiliki selaku kepala sekolah itu sendiri. Kompetensi yang dimaksud meliputi: 1) Kompetensi Kepribadian, 2) Kompetensi Manajerial, 3) Kompetensi Kewirausahaan, 4) Kompetensi Supervisi, dan 5) Kompetensi Sosial.

Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu: 1) mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan peserta didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing; 2) memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para peserta didik, serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi dalam mencapai tujuan.

Untuk melaksanakan tugas pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja. Panduan kerja kepala sekolah memberikan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan.

Panduan Kerja Kepala Sekolah
Melalui Panduan Kerja Kepala Sekolah, maka kepala sekolah harus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan melalui kerja sama atau kooperatif dan memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya sehingga dapat mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang tujuan sekolah, menjalin hubungan erat dengan berbagai pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh program sekolah dan produktivitas sekolah.

Tugas dan fungsi kepala sekolah selanjutnya yakni melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan sehingga mampu memberikan petunjuk dan pengarahan, mampu meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, mampu membuka komunikasi dua arah, dan mampu mendelegasikan tugas secara proporsional. Memiliki setrategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan untuk mencari gagasan baru dan mengintegrasikan setiap kegiatan dan mampu memberikan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Menjadi figur teladan yang dapat dijadikan contoh bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif.

*) Panduan Kerja Kepala Sekolah
*) Unduh: Panduan Kerja Kepala Sekolah

Share:

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *