Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

February 15, 2019

Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 - Guru Literasi

Tentang Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1

Berubahnya kurikulum, maka berubah pula buku yang digunakan, akan tetapi konsep materi yang dipelajari sama dengan materi-materi sebelumnya. Penggunaan buku pada Kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar kelas 6 ini menggunakan Tematik Terpadu. Pada Kelas 6 (enam) buku yang digunakan ini ada 2 (dua) yang dijadikan pendukung bahan ajar, yakni Buku Guru dan Buku Siswa.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum pada Kurikulum 2013 pada Kelas 6 jenjang Sekolah dasar, diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Penjabaran proses pembelajaran buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 6 (enam) akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Pada Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 digunakan oleh guru agar bapak atau ibu guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran. Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 ini berisi hal-hal berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian siswa.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Fungsi Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1

Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.

Materi Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1

Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 ini terdapat 5 (lima) tema, 1) Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup, 2) Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan, 3) Tema 3: Tokoh dan Penemuan, 4) Tema 4: Globalisasi, 5) Tema 5: Wirausaha.

Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1

Untuk dapat mengunduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 sebagai arsip Bapak atau Ibu Guru Kelas 6, telah Admin Guru Literasi sediakan di bawah ini.
  1. Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup.
  2. Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan.
  3. Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Tema 3: Tokoh dan Penemuan.
  4. Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Tema 4: Globalisasi.
  5. Unduh Buku Guru Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Tema 5: Wirausaha.
Semoga bermanfaat.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *