Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

April 25, 2019

Lomba Blog Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud Tahun 2019

Perkembangan teknologi memberikan tantangan tersendiri dalam pendidikan anak khususnya lingkup keluarga. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan sangat penting dalam menghadapi tantangan tersebut. Program Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat salah satunya adalah memperluas informasi dan edukasi tentang pelibatan keluarga dalam menghadapi tantangan pendidikan anak pada masa kini. Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah penyelenggaraan lomba penulisan blog yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Lomba Blog Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud Tahun 2019

Tajuk tema Kegiatan Lomba Penulisan Blog Tahun 2019 adalah “Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Literasi”. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berkarya melalui tulisan dan menyebarluaskan informasi dan edukasi tentang pelibatan keluarga dan masyarakat. Sehingga berikutnya akan tercipta suasana yang dapat meningkatkan budaya literasi dalam pendidikan anak pada masa kini.

Tak tanggung-tanggung Pemenang lomba penulisan blog tahun 2019 akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan berupa trophy, seritifikat serta uang pembinaan dengan total hadiah sebesar Rp. 46.000.000,-. Adapun rincian penghargaan bagi pemenang ditentukan sebagai berikut: Pemenang I mendapat Rp. 7.000.000,- untuk Pemenang II mendapat Rp. 6.000.000,- dan Pemenang III mendapat Rp. 5.000.000,- sedangkan untuk Pemenang Harapan untuk 7 orang mendapat @Rp. 4.000.000,-

Baca informasi terkait:

Bentuk Lomba Blog Pendidikan Keluarga
Lomba Blog Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud Tahun 2019 ini berbentuk penulisan naskah blog berbentuk opini, pemikiran, atau pengalaman sesuai dengan tema lomba. Peserta lomba penulisan naskah blog ini dapat diikuti oleh masyarakat luas tingkat nasional diikuti dari 34 provinsi di Indonesia.

Persyaratan Peserta Lomba Blog Pendidikan Keluarga
Persyaratan peserta pemilihan lomba penulisan blog pendidikan keluarga tingkat nasional terdiri dari persyaratan administratif peserta dan persyaratan penulisan blog.
1. Persyaratan administratif peserta
Sebagai berikut:
  1. Diikuti masyarakat umum.
  2. Hanya boleh mengirimkan 1 (satu) naskah blog.
  3. Peserta tidak dipungut biaya.
  4. Bukan pegawai Kemendikbud.
  5. Memiliki profil blogger yang jelas dan lengkap, bukan anonim.
  6. Peserta memposting tulisan sejak tanggal 15 April 2019.
  7. Blog peserta telah aktif minimal sejak tanggal 15 April 2018 yang ditandai dengan adanya berbagai tulisan sebagai bukti aktivitas penulisan secara aktif.

2. Persyaratan Penulisan Naskah Blog
Sebagai berikut:
  1. Relevan dengan tema.
  2. Bersifat aktual, kreatif, inovatif, kekinian.
  3. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  4. Karya asli yang bukan hasil plagiat.
  5. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  7. Mencantumkan tanda tagar (hashtag) #SahabatKeluarga dan #LiterasiKeluarga.

Tahapan Calon Peserta Lomba Blog Pendidikan Keluarga
  1. Untuk mengikuti Lomba Blog Pendidikan Keluarga Tahun 2019, peserta harus melakukan registrasi melalui laman resmi Pembinaan Pendidikan Keluarga (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/) pada kanal Lomba Pendidikan Keluarga sejak tanggal 15 April s.d 30 September 2019
  2. Tulisan sudah di publikasikan di blog milik sendiri selama 15 April s.d 30 September 2019
  3. Nominasi pemenang akan diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2019 dan dapat dilihat melalui laman resmi Pembinaan Pendidikan Keluarga (https:// sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/)
  4. Hadiah akan diberikan pada kegiatan Apresiasi Pendidikan Keluarga pada bulan November 2019.
Aspek Penilaian Lomba Blog Pendidikan Keluarga
Karya penulisan blog ini dinilai dengan memperhatikan aspek berikut.
  1. Tema
  2. Nilai Pendidikan
  3. Penyajian
  4. Bahasa
  5. Manfaat
  6. Orisinalitas

Simak juga:

Untuk informasi lebih lanjut, unduh panduan Lomba Blog Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud Tahun 2019.

Share:

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *