Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

March 15, 2019

Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I

Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1 merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas siswa yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran dimana pada buku siswa ini juga dilengkapi dengan penjelasan yang lebih terperinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

Pengembangan Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

Isi Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1 terdiri dari empat tema. Setiap tema terdiri dari empat subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.

Baca juga:

Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Tema-tema yang ada memfasilitasi pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik seperti:
  1. Mengamati: Ayo mengamati, Ayo membaca
  2. Mencoba: Ayo mencoba, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo bernyanyi, Ayo menari, Ayo bermain peran
  3. Menalar: Ayo berdiskusi
  4. Mengomunikasikan: Ayo bercerita, Ayo menulis.

Basis Kegiatan Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1 ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber dan buku ini bersifat (self contained), sehingga dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.

Di setiap akhir kegiatan pembelajaran, tersedia kolom untuk orang tua dengan subjudul “Kegiatan Bersama Orang Tua”. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah, sehingga orang tua diharapkan dapat terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai pengalaman yang dimilikinya ketika bersama orang tua, dan pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon Sekarang Aku Bisa”. Pada lembar sekarang aku bisa ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

Download Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1

Terdapat empat tema yang ada pada Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1 dan setiap masing-masing tema terdiri dari empat subtema yang meliputi:
  1. Tema 1 Diriku.
  2. Tema 2 Kegemaranku.
  3. Tema 3 Kegiatanku.
  4. Tema 4 Kegemaranku.
Tema-tema yang ada pada Buku Siswa K13 Kelas 1 Semester 1 dapat di unduh pada tautan berikut:
  1. Unduh: Tema 1 Diriku.
  2. Unduh: Tema 2 Kegemaranku.
  3. Unduh: Tema 3 Kegiatanku.
  4. Unduh: Tema 4 Kegemaranku.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *