Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

April 27, 2020

ARKAS Versi 2.0 Rilis Periode Anggaran Tahun 2020

ARKAS merupakan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang saat ini telah rilis Versi 2.0 dan digunakan oleh sekolah untuk periode anggaran tahun 2020.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0 merupakan sistem yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah di publikasikan untuk melakukan input Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) oleh Tim BOS sekolah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, masing-masing sekloah jenjang satuan pendidikan melakukan input Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian dan merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab tim BOS sekolah.

ARKAS Versi 2.0 Rilis Periode Anggaran Tahun 2020

Pembaruan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0

Pembaruan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0 yag terbit mengakomodir perubahan-perubahan sesuai dengan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun 2020, yang diantaranya yaitu:
  1. Pembaruan tampilan
  2. Perubahan Aktivasi Buku Kas Umum dari Triwulan ke Tahapan
  3. Perubahan laporan realisasi (K7a) per Triwulan menjadi per Semester
  4. Referensi Kode menggunakan aturan juknis Bantuan Operasional Sekolah terbaru
  5. Salin Anggaran tahun sebelumnya untuk jenjang SMA, SMK dan SLB di hapus dikarenakan berbeda total referensi kode nya
  6. Pilihan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat pada saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Guru
  7. Pilihan tenaga administrasi saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Tenaga Administrasi
  8. Pilihan pegawai perpustakaan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Pegawai Perpustakaan
  9. Pilihan Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan
  10. Data Siswa update berdasarkan Kepmendikbud
  11. Penambahan anggaran SilPA BOS Afirmasi / Kinerja

Petunjuk Installasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0

Berikut petunjuk installasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0, simak tahapan-tahapan yang harus diperhatikan, diantaranya:
  1. Unduh aplikasi ARKAS Versi 2.0 pada laman http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download
  2. Install ARKAS Versi 2.0 sampai dengan selesai
  3. Bagi sekolah yang telah menginstal ARKAS versi sebelumnya, maka dapat langsung melakukan installasi ARKAS versi 2.0 tanpa harus melakukan install ulang Aplikasi ARKAS terlebih dahulu

Sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan LPMP sesuai dengan kewenangannya diharapkan mensukseskan proses input RKAS di satuan pendidikan melalui ARKAS.

Unduh ARKAS Versi 2.0

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dapat di unduh pada tautan berikut, klik Unduh untuk dapat langsung mengunjungi tautan berikut di https://markas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/utility/download

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *